Narasi

Dari Iklan pertama sampai Pekerjaan Rumah Seorang Blogger

Pinterest LinkedIn Tumblr

AkuNgeblog.com – Yey Alhamdulillah hari ini adalah hari pertama diapprovenya google adsense setelah proses menunggu selama satu harian lebih. Sebenarnya akun itu telah lama berjalan semenjak blog ini pertama kali rilis pada tahun 2017 silam namun karena saya penulis sibuk dengan skripsi jadi terbengkalai hingga tidak pernah nulis secara online lagi. Walaupun begitu tulisan di catatan sungguh menumpuk sampai lupa udah sampai mana tulisannya.

Semangat Baru

Setelah saya pikir matang-matang, sepertinya Ngeblog adalah jalan hidup saya, ketika saya menulis terasa hidup kembali. Walaupun gak disuruh saya tetap saja donyan nulis dimana aja dan kapan aja. Ketika saya teringat akan sebuah ide ataupun gagasan yang menarik untuk ditulis saya langsung menulisnya.

Menulis seperti photographer harus tahu moment. Seorang penulis harus tahu bagian mana yang harus ditulis dan tahu kapan harus menulis. Saya punya rekan kerja seorang photographer yang punya pengalaman lebih dari 10 tahun memotret dan ia sendiri katakan bahwa dalam mengambil foto ia merasakan sudah mendapatkan insting bagian mana yang harus difoto.

Insting itu datang tentu berasal dari pengalaman, begitu juga ngeblog.

Bedanya seorang narablog dan seorang penulis artikel Ilmiah adalah tingkat kedalaman dan banyak attribut yang penting.

Saya sendiri saat ini tengah dilanda sibuk dengan menyusun tesis. Saya berpikir sampai kapan sih saya bisa fokus ngeblog terus-terus aja ada kesibukan lain hingga saya tidak bisa fokus dan setidaknya bisa menyeimbangi rekan teman dan para blogger yang menginspirasi saya untuk terus menulis.

Saya mulai semangat ngeblog karena berjumpa teman dan bercerita tentang pengalaman ia didunia menulis.

Pengalaman mereka sungguh luar biasa dari tulisannya dibeli oleh lain dan diangkat menjadi novel hingga punya banyak penulis dan berpenghasilan bulanan puluhan juta.

Cerita itu membuat saya semakin percaya diri bahwa semakin banyak jalan dan selalu ada jalan untuk mereka yang terus berusaha.

Ngeblog Dikala Gelap

Saya heran, kenapa saya suka banget dengan otak-atik thme blog sampai akhirnya saya berkerja di bagian front-end developer.

Bisa dikatakan bahwa manfaat dari otak-atik itu begitu besar. Sangking besarnya saya jadi tahu banyak hal dan akhirnya membuat saya semakin tahu arah dari mana dan kemana.

Dari 2009 sudah mulai gila ngeblog sampai larut malam coba ini itu. Tapi akhirnya hanya otak-atik tanpa menulis.

Akhirnya saya belajar banyak setelah beberapa tahun lalu saya menerapkan sebuah gerakan menulis. Gerakan menulis itu sebenarnya saya gunakan untuk melatih saya agar mudah menulis dan tujuan akhirnya itu jika nanti saya lanjut kuliah dan saya terbiasa untuk menulis artikel ilmiah dan thesis.

Kenyataannya itu malah berbalik. Saya lebih suka ngeblog dari pada nulis thesis. -_-

Karena ngeblog itu bebas dan sedikit tersusun. Bedanya dengan nulis thesis itu semuanya terstruktur dan busyetnya kita harus banyak-banyak membaca untuk menulis satu hal.

Ngeblog bisa saja berdasarkan pengalaman langsung dan ide-ide gila tapi tidak dengan artikel ilmiah atau thesis. Itu harus didasarkan dengan referensi yang jelas.

Jadi ngeblog dikala gelap membuat saya semakin candu.

Pekerjaan Rumah Seorang Blogger

Ngeblog itu tidaklah mudah. Jujur

karena diawal ngeblog itu bianya besar, waktu yang diluangkan juga banyak dan sia-sia sekali jika tidak ada yang membaca. Inti dari ngeblog kan dibaca orang lain, gimana gak sedih jika tidak ada yang membaca -_-.

Jadi pekerjaan rumah seorang blogger itu adalah terus menulis sampai lekoh (bahasa melayunya capek).

Ups. pekerjaan rumah saya itu adalah membuat blog ini

  • Mudah diakses
  • Mudah dibaca
  • Konten yang berkualitas
  • Bermanfaat untuk semua orang

itu adalah empat point yang harus saya capai pada pekerjaan rumah saya kali ini, semoga aja bisa terwujud dengan kerja keras.

Menulis aja tidak cukup

Jika kamu baru mulai ngeblog hari ini, menulis aja tidaklah cukup untuk mewujudkan cita-citamu. ada beberapa hal yang harus kamu pelajari agar tulisan kamu bisa menjadi sejarah.

Kebanyakan yang saya lihat dari teman saya, mereka ngeblog karena Uang.

ya, siapa sih yang tak mau. Tapi ingat jangan jadikan uang sebagai tujuan kamu ngeblog. Karena jika belum dapat maka kamu tentu akan menyerah.

Saya menulis bukan untuk mendapatkan uang, tapi saya juga membutuhkan uang.

Bagaimana tidak, untuk blog ini aja saja saya investasikan 800rb saya untuk tiga tahun. Tapi sebenarnya dengan ngeblog selama sebulan itu bisa balik kok.

Jarang ada orang yang membagikan rahasianya secara jelas tbagaimana cara mendapatkan uang dari blog tanpa ngeblog karena uang. Semoga saya masih diberikan kesehatan untuk menulis.

Caranya sebenarnya adalah model bisnisnya yang berubah. detailnya nanti akan kita bahas lebih detail dengan terus mengunjungi blog ini.

Iklan adalah awal

saya sebenarnya gak suka banget dengan iklan. Pasti kalian juga ya kan.

tapi ini harus karena umur blog ini bisa bertahan dari pembaca. Jika kalian suka dengan tulisan saya berikanlah support setidaknya dengan komentar atau membagikan tulisan saya ke pada kawan ataupun keluarga kamu.

Semoga kita bisa menjadi orang yang bersyukur dan semoga hari esok lebih baik dari hari ini.

Semangat yaa.

Founder & author di AkuNgeblog.com, Seorang penikmat coklat panas.

Write A Comment

Pin It