Artikel

Kode Kebingungan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam sebuah pemrograman dikenal sebuah teknik yang dapat membuat orang lain bingung ketika membaca koding yang telah kita buat. Teknik ini telah lama saya jumpai ketika saya masuk ke dunia blogger tahun 2009 silam. Salah satunya adalah kode kebingungan dari thema blogger yang dibuat oleh para coder agar source yang mereka buat tidak seenaknya dimanipulasi oleh orang yang malas dengan menghapuskan copyright.

Saya termasuk orang yang malas tersebut. Saya lebih senang mengotak-atik source code yang telah dibuat oleh orang lain. Dulu saya sering banget bongkar kodingnya

SoraTemplates, Blogger mana sih yang gak kenal

narablog

Mereka adalah penyedia template untuk blogger. Saya salut dengan mereka, mereka beberapa kali ganti script kebingungan ini untuk mengklabui para penghapus copyright. Tau sendiri lah sebagai seorang blogger itu lihat bacaan copyright di bawah blognya dan ujunya malah promosiin orang lain.

Tapi sebenarnya perbuatan itu SALAH.

saya sudah mulai tidak main itu lagi. semenjak main ke dunia lainnya. namun ilmu disaat itu penting. dari situlah saya belajar bagaimana cara mengamankan koding yang sudah dibuat dengan melakukan enkripsi berlapis.

Padahal enkripsi untuk javascript itu mah, itu itu aja. tapi teknik mereka terbilang cantik dikala itu bagi saya.

Teknik kodung kebingungan ini disebut dengan Obfuscated Code.

Hasil gambar untuk Obfuscation
contoh obfuscated code

bisa dilihatkan, sebenarnya menuju jalan yang sama tapi membelitkan jalan yang sudah ada agar orang lain tidak mengetahui jejak arah langkah yang kita lakukan.

Teknik ini sebenarnya sederhana tapi powerfull banget untuk membingungkan orang yang tidak begitu teliti. Walaupun terlihat sederhana tapi ini adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Hanya mereka yang mengerti benar alur dari koding yang telah mereka buat baru bisa mengkelabui jalannya sendiri.

Baca juga :   Cara membuat Regular Expression (Regex) otomatis
Hasil gambar untuk Obfuscation
Teknik Membuat Orang Bingung

Ini adalah salah satu teknik dibidang sekuriti. untuk level koding yang lebih tinggi saya rasa. jarang banget yang ngelakuin soalnya kecuali mereka yang perduli dengan keamanan.

Awal saya tertarik membahas ini karena sebuah pertanyaan yang sedang saya cari di mesin pencari yakni. Bagaimana cara mengamankan kode python?

dan saya mendapatkan jawaban di stackoverflow.

Jadi pertama saya sudah membuat sebuah code di python dan selanjut saya compile dengan .pyc nah saya penasaran bagaimana cara mengamankan .pyc ini, disitulah pertanyaan itu muncul.

Apakah kamu seorang reverse engineer?

sampai saat ini saya masih belajar bagaimana ngoding di level paling bawah. Menurut saya itu adalah hal yang paling penting ketika kita sudah mengetahui bagaimana koding yang diatas bekerja.

Pertama sekali saya tahu ini ketika ngecit di game Point Blank dan saat itu saya menggunakan Fiddler dan beberapa tools lainnya. Selanjutnya saya juga melakukan crack pertama dengan menggantikan hex didalam software. Disaat itulah saya semakin penasaran dengan keajaiban yang terjadi setelah beberapa kode diubah dibawah dapat mengubah segalanya yang diatas.

Ada sembilan tools yang biasa dipakai reverse engineer diantaranya :

  • IDA-Pro, Hex Rays
  • CFF Explorer
  • API Monitor
  • WinHex
  • Hiew
  • Fiddler
  • Scylla
  • Relocation Section Editor
  • PEiD

Setelah masuk bangku perkuliahan baru lah saya diperkenalkan assembly dan tugas yang sulit saat itu adalah membuat bendera negara menggunakan assembly.

nah selanjutnya dibangku perkuliahaan pasca sarjana, saya baru belajar desain kompiler tingkat lanjut dan saya baru belajar banyak ternyata mendesain kompiler itu sangat besar sekali dampaknya dalam perkembangan teknologi.

Contohnya adalah Flutter.

flutter itu bisa berjalan di berbagai perangkat karena kompiler yang dirancang. walaupun bahasanya adopsi dari bahasa sebelumnya sama seperti bahasa lainnya yang umum dipakai namun proses kompilernya jadi lebih cepat.

Baca juga :   Sebaiknya Menjaga Sebelum Terjadi

satu kompiler yang dirancang untuk banyak perangkat yang akhirnya dikenal SDK. banyak perusahaan besar mengembangkan SDK ini contohnya .NET, JDK, IOS SDK

Jadi Kode Kebingungan ini PENTING.

Apalagi jika kamu merancang sebuah software yang menggunakan lisensi dan program penting lainnya.

Sehebat apapun kamu menyembunyikan jalan. Mereka akan tahu jalan yang kamu tempuh dari arah mana saja. itulah kerjaannya reverse engineer yang khilaff.

udah dulu ahhh, Salam crackan cebongan :v

Founder & author di AkuNgeblog.com, Seorang penikmat coklat panas.

Tinggalkan Balasan

Pin It