Motivasi

Menulis tanpa ada yang membaca

Pinterest LinkedIn Tumblr

Baca judulnya aja udah sedih banget. Apalagi jika itu kenyataan disetiap blog-blog baru yang ditulis oleh blogger pemula seperti saya.

Saya akan berikan panduan dan trik agar tulisan di blog kamu dibaca oleh orang lain. caranya mudah kamu hanya cukup membaca tulisan ini sampai habis dan benar-benar melakukan instruksinya.

Sebelumnya kamu harus benar-benar siap menerima. Kosongkan semua pikiran dan fokus untuk membaca dan merenungkannya lebih dalam.

Siap? untuk memulai.

baca dengan perlahan ya. kita akan mulai dari pertanyaan yang besar.

Hari gini masih ngeblog? kemana aje luh?

ya trend ngeblog sudah berkurang. namun sebenarnya trend menulis tetap masih sama seperti dulu bahkan lebih melonjak karena persaingan konten.

kalau dulu orang menulis lebih untuk blogging namun sekarang lebih kepada untuk media-media lainnya. Teknik yang digunakan juga lebih kepada copywriting dan storytelling.

Percayalah. Sekarang zamannya sudah semakin kreatif. jika kamu kalah kreatif bisa jadi kamu akan ketinggalan. contohnya aja ya

YOUTUBE, INSTAGRAM, TIK-TOK

itu adalah salah satu media yang mengasah kita untuk terus kreatif.

gak harus terlalu kreatif juga tapi setidaknya masa digitalisasi ini kita harus bisa menunjukan “Identitas“. hal yang membuat kita berbeda dari yang lain yang didalamnya terdapat nilai-nilai yang membuat orang lain berkata,

Kok bisa ya. Keren nihh. Jadi Pengen. Kelanjutannya dong.

ya kan ya

Jika kamu belum bisa. Maka lalukanlah sebisa yang kamu lakukan. Jadi diri sendiri aja! dan jangan ikut-ikutan dengan yang lain.

Sebenarnya cara baru ngeblog adalah masih sama dengan cara yang lama yaitu dengan membuat orang lain suka dan memahami tulisan apa yang kita sampaikan.

salah satunya trik lain yang dapat kamu coba adalah dengan menggabungkan antara tulisan dengan suara bahkan gambar ilustrasi dan ditambah dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti. karena kamu harus benar-benar memahami bahwa mereka belum mengerti apa yang kamu tulis, jadi buatlah tulisan kamu menjadi rujukan terpercaya bagi mereka.

Mungkin kamu akan berfikir untuk mendapatkan banyak pembaca itu sulit. Namun sebenarnya tidak sesulit apa yang kamu pikirkan. Kamu hanya perlu menggunakan rumus untuk bisa naik. Rumus itu adalah..

Nulis jangan banyak mikir! yaudah tulis aja.

ya kan ya

Serius, jika kamu terus-terusan menulis kamu akan bisa mendapatkan peluang. Peluang dibaca oleh orang lain.

Untuk membuat dapat dibaca oleh banyak orang dalam waktu yang cepat, caranya juga mudah.

Kenali siapa pembaca kamu, beri mereka perhatian dengan tulisanmu.

ya kan ya

Mengenali pembaca ini sangat penting. Hal ini sama seperti memancing ikan dilautan. Hal yang perlu kamu perhatikan diantaranya

  • Temukan lautan yang banyak ikannya
  • Kenali Medan dan daerah yang kamu pancing
  • Lihat karakteristik ikan yang kamu pancing
  • Gunakanlah umpan yang tepat
  • Perhatikan pancing yang kamu gunakan, pastikan tidaklah berat
  • gunakanlah banyak pancing di medan yang berbeda
  • Ulangi prosesnya sampai ikan dapat

Itu adalah rumus mudahnya.
Gimana menurut kamu sulit atau mudah kah?

Saya mempelajari rumus itu beberapa tahun proses belajar. Rumus itu bukan hanya untuk tulisan saja tapi untuk hampir di setiap lini kehidupan yang kita jalani.

Tidak akan ada hasil, tanpa usaha.

ya kan ya

Apakah sekolah membuat orang sukses? Apakah kamu sukses? tentu tidak semudah itu. Sekolah itu hanya tempat mengenal dunia. Guru hanya membimbing bagaimana menjelajahi dunia dan kamu seorang pemilih mau menjelahi atau hanya diam saja.

Begitu pula rumus diatas. Jika kamu hanya membaca saya tanpa melakukannya mending kamu tidak perlu membaca tulisan ini. sampai habis.

Karena saya sudah gak fokus lagi nulisnya jadi kelupaan kelanjutan sampai mana. Saya sudah siapkan materinya dengan contoh yang nyata tapi masih belum siap jadi batal deh.

tapi yang saya pelajari bahwa

Wanita adalah objek yang tepat untuk mencari perhatian banyak orang

yakanya

Tidak hanya itu saja. Kamu juga harus tahu bahwa ada tujuh kriteria Judul artikel yang bisa menjadi patokan agar tulisan kamu dibaca oleh orang banyak.

7 Cara membuat judul artikel yang baik, diantaranya :

  1. Memperkenalkan Subjek tulisan
    itu artinya judul tulisan kamu harus sesuai dengan apa yang kamu tulis dan sangat nyata dengan apa yang ada dalam tulisan
  2. Atraktif
    judul perlu menarik perhatian pembaca melalui penggunaan kata-kata menarik yang merangsang ingin tahu pembaca
  3. Bisa Meyakinkan Pembaca
    Judul yang dimaksudkan bahwa artikel yang kamu tulis itu lebih baik dari pada yang lain dan pembaca harus fokus pada artikel kamu terlebih dahulu (sebelum membaca atau membandingkan dengan artikel lainnya)
  4. Menawarkan Solusi
    Judul harus menawarkan solusi atau rahasia kesuksesaan yang akan menyelesaikan masalah si pembaca atau dapat membuat perbedaan bagi hidup mereka
  5. Realistis
    Jangan mengada-ngada, jadi judul haruslah realistis sehingga janji yang ditawarkan judul sesuai dengan isi artikel, sehingga pembaca tahu meninindak lanjuti dan memperbaiki masalah mereka.
  6. Poin per Poin
    Judul juga dapat berupa daftar yang terdiri dari daftar poin yang dicatat oleh pembaca atau daftar jenis kesalahan yang harus mereka hindari.
  7. Fokus pada keinginan pembaca
    Judul haruslah fokus pada keinginan pembaca pada subjek yang ingin mereka baca. Tidak harus apa yang ingin ditulis oleh sipenulisnya.

Bagaimana?
mudahkan. cobalah untuk terus berlatih menulis setiap harinya dengan membuat terget ataupun sesuatu hal yang ingin dicapai.

Luruskan niat dan teruslah menulis. semoga bermanfaat.

Founder & author di AkuNgeblog.com, Seorang penikmat coklat panas.

Tinggalkan Balasan

Pin It